Adik-adik ataupun orang tua siswa yang sekarang sedang duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) tentunya ingin mencari sekolah lanjutan yang terbaik setelah lulusan dari SMP nantinya, baik itu masuk ke SMK atau SMA atau MA atau mungkin ke pondok pesantren. Di kota Bekasi sendiri, jumlah SMK lebih banyak daripada jumlah SMA, dengan jumlah SMA sebanyak 111 sekolah dan jumlah SMK sebanyak 147 sekolah (sumber: http://dapodik.disdik.jabarprov.go.id). Dengan jumlah SMK sebanyak itu, mungkin adik-adik juga menjadi bingung kira-kira SMK mana yang bagus dan sesuai dengan minat serta bakat yang dimiliki. Dalam artikel ini, kami akan membantu adik-adik untuk memberikan gambaran dalam memilih SMK yang terbaik khususnya yang ada di Kota Bekasi.

Untuk mengetahui bagaimana kualitas suatu sekolah, apakah sekolah tersebut merupakan sekolah yang terbaik atau sekolah biasa-biasa saja dapat dilihat dari beberapa aspek, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Lihat Kondisi Kantin Sekolahnya

Cara termudah untuk mengetahui kualitas suatu sekolah terutama dalam hal pembentukan karakter kepada siswa/i nya dan para warga sekolah lainnya bisa dilihat dari kondisi kantin sekolahnya. Tentunya hal ini hanya bisa dilakukan jika tidak dalam kondisi pandemi seperti saat ini ya, namun meskipun demikian akan tetap kami jelaskan kenapa melihat kondisi kantin sekolah itu cukup penting. Mungkin hal ini bisa menjadi alternatif pilihan ketika suasana pandemi ini sudah selesai.

Di kantin, kita bisa melihat kondisi yang sebenarnya dari para siswa dan penghuni lainnya di sekolah tersebut. Kita bisa melihat bagaimana cara mereka mengobrol, bagaimana cara mereka berinteraksi satu sama lain, bagaimana tata krama mereka terhadap pengunjung lain yang datang ke kantin, bagaimana pelayanan dari petugas di kantin tersebut kepada siswa, begitu pula sebaliknya bagaimana cara para siswa memperlakukan petugas di kantin tersebut dan kita juga bisa mengamati bagaimana kesadaran para siswa terhadap kebersihan dilihat dari cara mereka memperlakukan wadah bekas makanan mereka di kantin. Kemudian, kita juga bisa melihat apakah siswa/i di sekolah tersebut menerapkan sunnah rasul seperti tidak makan sambil berdiri, tidak makan dengan tangan kiri dan membaca basmallah sebelum makan.

Jika pengamatan kita di kantin memperlihatkan hasil yang bagus, maka tidak perlu ragu untuk memilih sekolah tersebut. Karena sikap dan keseharian siswa di kantin menunjukkan pola pembiasaan yang diterapkan kepada siswa di sekolah tersebut. Di kantin siswa akan bertindak sesuai dengan karakter yang mereka miliki, tanpa paksaan dan tanpa rekayasa. (sumber: https://qr.ae/pGNZoR)

2. Bagaimana Program-program yang Diterapkan Sekolahnya

Belajar di sekolah itu bukan sekedar aktifitas untuk mengisi waktu supaya anak atau siswa bisa mengisi kehidupannya dalam hal-hal yang positif. Bukan juga sekedar tempat atau sarana supaya bisa menggapai cita-cita, melainkan lebih besar dari itu. Di sekolah siswa akan mendapatkan pengalaman hidup yang akan tertanam dalam ingatannya di sepanjang perjalanan hidupnya. Oleh karena itu, sangat penting sekali memilih sekolah yang memiliki program-program yang sesuai dengan visi misi hidup yang diharapkan oleh anak tersebut kelak dalam kehidupannya. Entah itu kita lihat dari program yang bersifat akademiknya, maupun program penguatan karakternya, maupun program-program yang berkenaan dengan penerapan sikap disiplin dan lain sebagainya. Jika program yang dimiliki sekolah tersebut sesuai, tentunya dalam mencapai visi misi hidupnya atau dengan kata lain langkah dalam mencapai cita-citanya sudah mulai terarah dan berada di jalur yang sesuai.

Untuk mengetahui program-program yang dimiliki suatu sekolah, biasanya bisa ditanyakan langsung kepada pihak sekolah atau bisa juga ditanyakan kepada alumni atau orang tua murid atau siswa dari sekolah tersebut. Atau dalam kondisi pandemi seperti saat ini, bisa juga dilihat dari kegiatan-kegiatan sekolah tersebut yang dicantumkan pada media sosialnya atau melalui ulasan-ulasan mengenai sekolah tersebut di internet.

3. Perhatikan Manajemen Sekolahnya

Sekolah bisa mendapatkan kategori sebagai sekolah terbaik jika sekolah tersebut memiliki manajemen yang baik pula. Manajemen sekolah bisa dilihat saat kita berinteraksi dengan warga di lingkungan sekolah tersebut. Dan manajemen sekolah yang baik biasanya dipimpin oleh seorang kepala sekolah yang profesional dengan gaya kepemimpinannya yang partisipatif, tegas dan bertujuan, mempunyai keterampilan, kemampuan dan kemauan untuk memajukan sekolah. Demikian kriteria pemimpin sekolah yang baik menurut Prof. Arief Rachman seorang tokoh pendidikan Indonesia. Beliau juga menyarankan bahwa:

Ketika cari sekolah, ketemu kepala sekolahnya. Ketika wajah kepala sekolah kencang jangan masuk ke sekolah itu. Tapi kalau dia ramah dan baik bisa jadi pilihan.

Kemudian, jika manajemen sekolah tersebut baik dan dipimpin oleh kepala sekolah yang baik pula maka otomatis proses rekrutmen bagi tenaga pengajarnya pun tidak akan main-main sehingga para tenaga pengajar yang ada di sekolah tersebut tentunya akan memiliki kompetensi yang bagus sesuai dengan visi misi dari sekolah tersebut.

4. Lihatlah Daya Serap Lulusannya

Bagi adik-adik yang ingin melanjutkan sekolah di SMK biasanya memiliki cita-cita atau harapan supaya setelah lulus dari SMK tersebut bisa langsung bekerja dan memiliki penghasilan yang memuaskan. Hal ini tentunya berkaitan erat dengan bagaimana daya serap dari lulusan SMK ini apakah banyak yang terserap di dunia kerja sesuai dengan kompetensi keahlian yang dimilikinya ataupun melanjutkan di tingkat pendidikan yang lebih tinggi lagi.


Selain keempat hal di atas, aspek lain yang bisa diperhatikan dalam memilih sekolah terutama untuk tingkat SMK adalah melalui sarana prasarana serta laboratorium yang dimiliki sekolah tersebut. Sarana dan prasarana yang bagus serta lengkap tentunya akan sangat mendukung kegiatan pembelajaran khususnya kegiatan praktikum supaya menjadi efektif dan benar-benar dapat membantu siswa meningkatkan kompetensinya sesuai jurusannya masing-masing. Namun, perlu diperhatikan di sini bahwasanya sarana dan prasarana ini sangat berkaitan erat dengan biaya operasional dari sekolah tersebut. Jika suatu sekolah memiliki sarana dan prasarana yang baik tentunya biaya operasional yang dibutuhkan sekolah tersebut cukup besar yang akan berdampak pada biaya pendidikannya yang menjadi lebih mahal.

Bicara masalah biaya pendidikan memang tidak serta merta sekolah yang mahal itu otomatis memiliki sarana prasarana atau fasilitas yang baik dan memadai. Sehingga ketika mempertimbangkan biaya pendidikan, silahkan cek kondisi real dari sekolah tersebut, apakah biaya pendidikan yang dikeluarkan untuk sekolah di situ setara dengan fasilitas dan pelayanan yang ditawarkan oleh sekolah tersebut.

Demikian hal-hal yang dapat menjadi pertimbangan dalam memilih sekolah yang terbaik bagi kalian yang sedang ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi khususnya SMK. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kalian dalam menentukan pilihan sekolah.

SMK Terbaik di Kota Bekasi, Seperti Apa ya?

6 thoughts on “SMK Terbaik di Kota Bekasi, Seperti Apa ya?

  • 06/05/2021 at 14:20
    Permalink

    SMK Bani Saleh merupakan SMK yang memiliki alat-alat praktikum yang mencukupi, pembelajaran tentang agamanya bagus, kantin sekolah terjaga dengan baik.

    Reply
  • 06/05/2021 at 15:07
    Permalink

    Program sekolah di SMK Bani Saleh sangat baik walaupun dalam keadaan belajar daring

    Reply
  • 06/05/2021 at 15:08
    Permalink

    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh saya bangga menjadi salah satu siswi di SMK Bani Saleh

    Reply
  • 06/05/2021 at 15:10
    Permalink

    pendidikan yang di dapat dari sekolah ini benar benar bagus dan bermanfaat, recommended ;))

    Reply
    • 08/05/2021 at 18:35
      Permalink

      Saya merasa senang karna sekolah di SMK Bani Saleh karna SMK Bani Saleh memiliki fasilitas yang cukup memadai

      Reply
  • 06/05/2021 at 21:44
    Permalink

    Menurut saya, beberapa aspek di atas sudah benar. Tetapi jika ditambahkan dengan kondisi kelas yang sekiranya bisa membuat KBM nyaman, lebih lengkap.

    terima kasih

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.