Alhamdulillah kegiatan Pembekalan Al-Islam sudah resmi dibuka tadi pagi oleh bapak Kepala Sekolah SMK Bani Saleh yaitu bapak Drs. H. Jainuddin, M.Pd.I. Dalam pembukaan tersebut dihadiri oleh total 57 orang yang terdiri dari para peserta kelas XII-F dan XIII-KA serta guru dan staff yang juga berperan sebagai mentor dalam kegiatan tersebut.

Pembukaan Pembekalan Al-Islam
Pembukaan Pembekalan Al-Islam

Pembukaan Pembekalan Al-Islam Tahun 2021

Disampaikan oleh bapak kepala sekolah bahwasanya kegiatan pembekalan ini bersifat wajib sebagai ciri khas dari Yayasan Bani Saleh. Dan kehadiran peserta dalam kegiatan ini menjadi penting agar yang bersangkutan bisa dinyatakan selesai/tamat dari SMK Bani Saleh. Jika ada peserta yang tidak mengikuti kegitan ini dengan berbagai alasan maka yang bersangkutan harus mengikuti pembekalan ulang dan berhadapan langsung dengan bidang Dakwah Yayasan Bani Saleh.

Pembekalan ini bukan kali ini saja dilaksanakan dan bukan hanya di SMK Bani Saleh saja, namun kegiatan ini diberlakukan bagi seluruh jenjang baik SD, SMP, SMA/SMK bahkan perguruan tinggi yang ada di lingkungan Yayasan Bani Saleh sebagai prasyarat kelulusan dari satuan pendidikan tersebut.  Biasanya, jika tidak dalam kondisi pandemi kegiatan pembekalan al-islam dilakukan di luar kota seperti di Bogor atau di kampus Bani Saleh Cikembar daerah Sukabumi ataupun di tempat lainnya, namun karena kondisi yang tidak memungkinkan maka kegiatan Pembekalan Al-islam kali ini dilakukan secara virtual melalui Ms Teams dengan tidak mengurangi esensi dari pembekalan itu sendiri.

Tujuan utama dari kegiatan pembekalan Al-Islam ini adalah sebagai bentuk perhatian kami agar sebelum para lulusan ini masuk ke dunia kampus atau dunia kerja maka kami ingin memberikan oleh-oleh atau bekal terakhir berupa kegiatan yang bersifat aqidah, akhlak dan muamalah sehingga ketika benar-benar menginjakkan kaki di dunia kerja yang sesungguhnya maka label alumni SMK Bani Saleh nya ini tetap melekat, apa yang sudah kalian terima selama bersekolah selama 3 atau 4 tahun bisa terus diaplikasikan dalam kegiatan sehari-hari. Kemudian, lulusan SMK Bani Saleh ini juga bisa mencapai visi misi Yayasan Bani Saleh yaitu 4B, yaitu:

  1. Benar Aqidahnya
  2. Benar Shalatnya
  3. Benar Bacaan Al-Qur’annya
  4. Benar Akhlaknya

Dengan demikian, bapak kepala sekolah berpesan supaya para peserta kegiatan Pembekalan Al-Islam ini bisa mengikuti kegiatan dengan benar dan sungguh-sungguh sebagai pengalaman sekaligus bekal yang kelak akan menjadi pijakan kalian dalam bermasyarakat dan melanjutkan perjalanan hidup di kampus maupun dunia kerja.

Selanjutnya, ketua panitia kegiatan Pembekalan Al-Islam ini menyampaikan beberapa hal terkait teknis kegiatan yang dilaksanakan selama 2 pekan yaitu dari tanggal 19 April s.d 1 Mei 2021 dengan program-programnya sebagai berikut:

  1. Implementasi dari Baik Bacaan Al-Qur’annya yaitu dengan menyetorkan bacaan atau hafalan Al-Qur’an kepada  mentornya masing-masing yaitu Juz 30 dan 10 ayat pertama surat Al-Kahfi. Untuk pembacaan surat Al-Kahfi setiap hari Jum’at akan ada pembacaan surat Al-Kahfi yang ditunjuk secara acak oleh panitia setelah dzikir pagi.
  2. Implementasi dari Baik dan Benar Bacaan Shalatnya yaitu dengan menyetorkan bacaan dan gerakan shalat kepada para mentornya masing-masing dengan cara video call.
  3. Implementasi dari Benar Aqidah dan Akhlaknya akan ada materi terkait akhlak dan penguatan aqidah yang dilaksanakan pada 28 dan 29 April 2021 di mana di akhir materi ini akan ada evaluasi berupa pertanyaan-pertanyaan yang harus kalian jawab. Materi ini akan disampaikan oleh pemateri dari Bidang Dakwah Yayasan Bani Saleh.
  4. Pembacaan dzikir pagi dan petang yang dipimpin secara bergantian oleh peserta berdasarkan jadwal yang sudah dibagikan sebelumnya. Pada kegiatan dzikir ini semua peserta wajib mengikuti tidak hanya peserta yang namanya tercantum dalam jadwal saja, sehingga bagi peserta yang tidak mengikuti kegiatan dzikir ini akan diberikan punishment  berupa menuliskan teks dzikir pagi dan petang tersebut. Khusus untuk yang sedang PKL jika tidak memungkinkan untuk hadir dalam kegiatan dzikir pagi dan petang (terutama di hari kerja yaitu Senin s.d Jum’at) maka bisa dimaklumi oleh pihak panitia karena PKL merupakan rangkaian kegiatan wajib juga yang harus dilakukan.
  5. Di akhir kegiatan akan ada beberapa pemberian kategori peserta untuk diberi reward sebagai peserta pembekalan terbaik dan juga punishment bagi yang kehadirannya kurang atau bacaan hafalannya kurang yaitu jika tidak memenuhi syarat harus mengikuti kegiatan pembekalan ulang. Sertifikat yang diberikan dalam kegiatan pembekalan ini akan menjadi prasyarat dalam pengambilan ijazah.

Demikian rangkaian kegiatan pembukaan Pembekalan Al-Islam Tahun 2021 semoga bisa diikuti dengan optimal oleh seluruh peserta yang terdiri dari siswa kelas XII-Farmasi dan kelas XIII-Kimia Analisis.

Pembukaan Kegiatan Pembekalan Al-Islam Tahun 2021

One thought on “Pembukaan Kegiatan Pembekalan Al-Islam Tahun 2021

  • 19/04/2021 at 16:41
    Permalink

    Alhamdulillah, semoga SMK Bani Saleh tidak hanya membekali pengetahuan umum kepada generasi muda indonesia, tetapi juga berperan dalam membina generasi islam yang tangguh…aamiin

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.