Mobil listrik produk Indonesia “Selo” di incar oleh pengusaha Malaysia

Mobil listrik adalah mobil yang digerakkan menggunakan energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpanan energi lainnya. Tahu enggak TemanBaik siapa penemu mobil listrik dan bagaimana perkembangan mobil listrik sampai saat ini?
Mobil listrik sangat populer pada abad ke-19 dan awal abad 20-an. Kemudian popularitasnya meredup saat hadirnya teknologi mesin pembakaran yang semakin maju dan harga kendaraan berbahan bakar bensin yang murah.

Seperti inilah mobil listrik pertama di dunia

Mobil modern pertama dibuat oleh Karl Benz pada tahun 1885, walaupun sebenarnya puluhan tahun sebelumnya, konsep mengenai mobil listrik sudah mulai ada. Pada abad ke-18, sudah banyak ilmuwan dan inovator dari Hunggaria, Belanda dan Amerika mulai berfokus dengan konsep kendaraan bertenaga baterai dan menciptakan beberapa mobil listrik skala kecil.

Pada tahun 1832, seorang pria asal Inggris bernama Robert Anderson mengembangkan sebuah mobil roda tiga menggunakan baterai listrik. Temuan Anderson ini dianggap sebagai mobil listrik pertama di dunia.
Akhir abad ke 18 di Amerika, mobil listrik buatan William Morrison yang dikenal sebagai ahli kimia sukses memulai debutnya pada tahun 1890. Kendaraan buatannya mampu menampung hingga enam orang penumpang dan melaju dengan kecepatan 22 km/jam.

Pada tahun 1898, Ferdinand Porsche menciptakan mobil listrik dengan nama P1. Di waktu yang bersamaan juga, ia menciptakan mobil hybrid pertama di dunia yang yang dapat digerakkan dengan menggunakan listrik dan bensin.
Kemudian di tahun 2009, Departemen Energi Amerika Serikat memberikan pinjaman senilai 8 milyar dollar kepada Ford, Nissan serta Tesla Motor untuk pengembangan kendaraan ramah lingkungan. Nissan kemudian memperkenalkan mobil listriknya yang disebut LEAF yang mampu berlari hingga 114 km/jam. Di tahun tersebut sudah banyak mobil listrik yang beredar di pasaran.Mobil listrik kemudian mulai pengalami perkembangan pesat menyusul pesatnya peningkatan teknologi dan dukungan pemerintah negara-negara di dunia akan mobil yang ramah lingkungan.

Di Indonesia sendiri, pengembangan mobil listrik sudah di mulai sejak tahun 2012 sejak zaman pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Saat itu diprakasai oleh Dahlan Iskan selaku Menteri BUMN. Dahlan Iskan kemudian meminta kepada Ricky Elson, seorang anak muda Indonesia yang ahli dibidang motor listrik untuk mengembangkan mobil listrik buatan Indonesia.
Hasil kerjanya menghasilkan mobil listrik bernama Selo yang dipamerkan saat KTT APEC di Bali pada tahun 2013. Selain Selo juga berhasil dibuat mobil Tucuxi. Kerja keras Ricky Elson membuat ia dianggap sebagai Pelopor Mobil Listrik Nasional.

Mengenal Mobil Listrik dan Kemunculannya di Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published.