Wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) telah memberikan banyak dampak pada kehidupan bermasyarakat di Indonesia, khususnya dalam bidang ekonomi. Banyak warga masyarakat yang mengalami kesulitan mencari nafkah dan omzet penjualan menurun. Bahkan, banyak perusahaan yang sampai merumahkan karyawan atau melakukan PHK.
Meskipun begitu, ada pula beberapa pihak yang diuntungkan. Misalnya produsen masker, vitamin C, hand sanitizer, suplemen kesehatan, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan Covid-19. Namun, hal tersebut hanya dirasakan segelintir orang saja.
Rasa tolong menolong dan peduli pada saat wabah seperti ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Oleh karena itu, berbagai lapisan masyarakat turut serta melakukan aksi bagi-bagi sembako untuk berbagai kalangan, mulai dari para pengemudi ojek online, tukang becak, kaum dhuafa, dan sebagainya.
Walaupun sembako yang diberikan tidak bisa mencukupi kebutuhan hidup mereka dalam waktu yang lama, paling tidak pemberian itu sudah bisa memberikan sedikit kebahagiaan. Sekecil apapun bentuk pertolongan kita kepada orang-orang di sekitar, pasti akan bermanfaat.
Jika hal ini bisa menular ke lainnya, tentu dampaknya akan sangat besar. Jadi, jangan sampai kalah dengan virus menularnya, rasa tolong menolong juga perlu ditularkan.

Seorang Pengusaha memberikan bantuan 16 buah ventilator dan 23 buah Monitor kepada pemerintah Daerah Jawa Timur.

Anjuran Tolong Menolong dalam Al-Qur’an.
Tolong menolong adalah suatu hal yang baik. Bahkan menurut ajaran agama Islam, Allah SWT sudah memberikan perintah melalui firman-Nya dalam Al-Qur’an :
Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya, [Al-Mâidah/5:2]

Bentuk Tolong Menolong Saat Wabah Corona.
Barangkali ada diantara Anda yang belum bisa berbagi sembako ataupun tolong menolong bentuk lain, seperti halnya yang dilakukan Himeji Express, salah satu perusahaan cargo dan logistik di Indonesia.
Maka dari itu, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan dalam rangka tolong menolong saat wabah corona.

Patuhi Instruksi.
Patuhi intruksi para ahli seputar hal-hal yang seharusnya dilakukan. Misalnya tetap berada di rumah, menggunakan masker, mencuci tangan, physical distancing, dan masih banyak lagi. Dengan mematuhi intruksi, Kawan GNFI juga turut serta menolong Indonesia agar segera terbebas dari wabah corona.

Sedekah.
Sedekahkan apa yang Anda miliki. Bisa berupa tenaga, uang, ataupun segala hal yang bisa menolong orang lain. Banyak lembaga yang membuka donasi untuk pembelian Alat Pelindung Diri (APD) ataupun pemberian sembako. Anda juga dapat menyumbangkan tenaga dengan membantu penyemprotan di lingkungan RT atau RW.

Beri Edukasi.
Optimalkan edukasi kepada orang-orang terdekat melalui sosial media ataupun saat bertemu secara langsung. Hal ini penting dilakukan agar orang-orang terdekat juga melakukan upaya penghentian wabah corona ini. Disadari atau tidak, banyak orang yang masih belum begitu yakin akan bahaya wabah corona ini. Dengan sering memberikan edukasi akan bahaya wabah corona, baik melalui sosial media atau penyampaian langsung, harapannya agar kesadaran masyarakat akan semakin meningkat.

Demikian informasi dan juga pandangan terhadap tolong menolong di masa wabah corona. Semoga bermanfaat dan wabah corona ini bisa segera usai.

Tolong Menolong Saat Wabah Covid-19 Melanda

Leave a Reply

Your email address will not be published.