Fresh graduate mudah mendapatkan pekerjaan.

Buat para pencinta ilmu eksak yang saat ini sedang galau memilih jurusan dalam melanjutkan pendidikan pada tingkat menengan atas, bidang kimia analisis patut menjadi salah satu pertimbangan. Memang jurusan ini dibentuk agar para lulusannya siap terjun di dunia industri, baik industri pangan, farmasi, kosmetik, maupun semua bidang industri lain yang berhubungan dengan kimia.
Cukup menjanjikan, sebab ketika lulus sekolah kalian tidak punya banyak saingan ketikamenghadapi tes masuk kerja. Apa aja sih posisi pada dunia industri yang dapat diisi oleh para lulusan kimia analis?

Ayo kita simak informasi yang akan kami sajikan berikut ini !

Quality Control atau Quality Assurance.

Sesuai dengan namanya, tugas seorang Quality Control adalah menjaga kualitas produk yang dihasilkan perusahaan. Dari segi bentuk, komposisi produk, hasil pengujian, dan segala hal yang sudah ditetapkan oleh perusahaan agar produk itu bisa dilepas ke pasaran. Sementara tugas bagian Quality Assurance, adalah memeriksa dan memastikan bahwa pekerjaan yang dilakukan oleh bagian QC terlaksana dengan baik.
Pendapatan untuk posisi pada bagian QC atau QA sendiri buat fresh graduated berkisar Rp 4 sampai 8 juta perbulan. Selain itu, tidak tertutup kemungkinan dari seorang staf anda bisa diangkat menjadi seorang supervisor QC atau QA.

Analis pada Laboratorium.

Kebanyakan perusahaan-perusahaan besar memiliki sebuah laboratorium pengujian sendiri. Job description pekerjaan analis adalah melakukan serangkaian pengujian pada produk, contohnya kalau pada industri pangan dilakukan uji protein, asam lemak bebas, kadar air, sedangkan pada industri kosmetik dilakukan uji cemaran logam atau pengujian lainnya tergantung pada masing-masing produk sesuai dengan acuan Standar Nasional Indonesia yang ditetapkan berdasarkan peraturan pemerintah.
Pendapatan untuk seorang lulusan kimia analisis berkisar antara Rp 4 sampai 6 juta, dan jangan khawatir, kalau seorang ahli kimia analisis mampu menguasai semua parameter pengujian, bisa cepat dapat promosi menjadi supervisor juga lho.

Research and Development Department.

Agar supaya tidak kalah bersaing dengan kompetitor, hal yang harus dilakukan suatu perusahaan adalah pengembangan produk. Oleh sebab itu, dibutuhkan seorang ahli dalam bidang Research and Development, biasa disebut sebagai Penelitian dan Pengembangan, yang yang pada umumnya memiliki tugas untuk melakukan penelitian terhadap produk pesaing, mengembangkan produk perusahaan itu sendiri, membuat percobaan-percobaan untuk mendapatkan inovasi yang baru.
Ada juga yang memiliki tugas untuk memperbaharui metode yang sudah ada, dengan tujuan untuk menemukan metode yang paling efisien untuk diterapkan dalam lingkup perusahaan itu sendiri. Kedengarannya sulit ya jadi seorang R&D? Memang tidak mengherankan, karena pendapatan yang diterima oleh seorang tenaga R&D juga cukup menjanjikan, antara Rp 5-8 juta per bulan.

Health Safety Environment Officer.

Semua rangkaian pekerjaan yang dilakukan tentunya ada risiko berbahaya. Disini-lah peran dari bagian Health Safety Environment. Pekerjaannya adalah memastikan kondisi kesehatan dan keamanan pada lingkungan pekerjaan agar tidak terjadi hal-hal yang menyebabkan kecelakaan kerja, yang diperoleh dengan cara melakukan training kepada semua divisi yang ada di dalam perusahaan, atau membuat peraturan yang dapat meminimalisir risiko terjadinya hal-hal yang berbahaya.
Biasanya seorang fresh graduated tidak bisa langsung diterima pada posisi ini, karena pihak perusahaan lebih menyukai yang seorang pekerja yang memiliki pengalaman di lingkungan kerja dan pernah mengikuti pelatihan tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Petugas Pengambil Sampling (Bahan Uji Material).

Mungkin istilah tersebut agak asing buat kalian. Biasanya perusahaan yang bergerak pada bidang lingkungan banyak membutuh personel petugas pengambil sampling seperti ini. Tugas utamanya adalah mengambil contoh uji material untuk dilakukan pengujian. Sampel yang diambil bisa berupa air sungai, air limbah, dan udara.
Tekanan untuk pekerjaan ini cukup tinggi. Bekerja di lapangan dan harus siap untuk dinas ke luar kota. Tapi, gajinya pun memang sepadan. Di luar gaji utama, petugas sampling dapat insentif yang menjanjikan loh.

Itulah sebagian dari bidang pekerjaan yang cukup menjanjikan bagi lulusan kimia analisis.

Bagaimana ? Apakah anda tertarik untuk mengambil jurusan kimia analisis sebagai lanjutan pendidikan Anda ?

Bergabunglah bersama kami untuk mewujudkan cita-cita Anda.

Prospek Kerja pada Industri yang Bisa Diisi Lulusan Kimia Analisis

Leave a Reply

Your email address will not be published.