Dalam kegiatan sehari-hari kita sangat akrab dengan produk kebutuhan sehari-hari yang beredar luas di pasaran, mulai dari sabun mandi, shampo, sikat dan pasta gigi, kosmetik dan sebagainya. Ditambah lagi, dalam kehidupan yang semakin instan ini membuat kita gemar mengkonsumsi berbagai produk makanan serta bahan olahan lainnya yang dijual di pasar maupun supermarket.

Lalu, pertanyaan yang sering muncul adalah, seberapa aman produk-produk tersebut digunakan oleh masyarakat? Kita nggak perlu khawatir, karena untuk produk yang sudah memiliki izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) bisa dipastikan keamanannya. Perlu anda diketahui bahwa sebelum produk-poduk tersebut beredar pada lingkungan masyarakat, tenaga kimia analisis sudah melakukan pengecekan terhadap keamanan produk tersebut. Menariknya, profesi kimia analisis akan selalu dibutuhkan untuk melakukan serangkaian kegiatan tersebut, Setidaknya berikut ini kami akan menjabarkan 5 hal yang akan membuat kalian yakin untuk menjadi seorang ahli kimia analisis !

Inilah 5 alasan berkarier sebagai seorang ahli Kimia Analisis.

  1. Tenaga Analis Kimia Selalu Dibutuhkan

Indonesia memiliki ribuan perusahaan yang bergerak di berbagai bidang industri seperti makanan, minuman, obat-obatan, mi nyak, gas, dan masih banyak yang lainnya. Perusahaan-perusahaan tersebut memerlukan banyak tenaga kimia analisis untuk mendukung kualitas dan keamanan produk yang mereka pasarkan.
Seorang ahli kimia analisis memiliki fungsi sebagai ujung tombak perusahaan untuk menguji kualitas dari produk-produk yang dipasarkan kepada masyarakat. Hal inilah yang membuat tenaga kimia analisis selalu dibutuhkan sehingga terbuka banyak lapangan kerja untuk bekerja sebagai tenaga ahli kimia analisis. Jadi, bukan kita yang cari kerja, tetapi yang pekerjaan mencari kita!
Nah, untuk mempersiapkan dirimu menjadi tenaga ahli kimia analisis yang profesional, pelajari dulu ilmunya pada SMK Bani Saleh yang memiliki kampus dengan kompetensi keahlian Kimia Analisis, yang akan mengantarkan kalian untuk menjadi tenaga ahli kimia analisis yang handal dan profesional.

2. Luasnya Ruang Lingkup Kerja Kimia Analisis.

Ruang lingkup kerja dalam bidang kimia analisis sangat luas, lho ! Kok bisa? Karena hampir seluruh kegiatan industri memang melibatkan proses kimia di dalamnya, seperti industri perminyakan, makanan, minuman, farmasi, kosmetik, serta berbagai lembaga penelitian dan pengembangan.
Terlebih, lulusan kimia analisis memegang peranan penting dalam meningkatkan daya saing produk industri dan juga menjadi landasan yang kuat untuk menegakkan kewirausahaan industri kecil dan menengah. Di sisi lain, lapangan kerja utama di industri kimia seperti industri polimer, petrokimia, semen, keramik dan tekstil pun tetap terbuka lebar.

3. Jenjang Karier Tidak Hanya di Bagian Laboratorium.

Siapa bilang menjadi seorang ahli kimia analisis hanya bekerja di bagian laboratorium ? Karena ruang lingkup kerjanya yang luas, maka dipastikan jenjang karier seorang tenaga ahli kimia analisis dapat berkembang pesat di berbagai perusahaan.
Lulusan dari Program studi Kimia Analisis dapat mengaplikasikan ilmunya di berbagai instansi negeri maupun swasta. Jenjang kariermu juga akan mudah naik mulai dari teknisi laboratorium sampai menjadi kepala laboratorium, menjadi quality control di berbagai peusahaan, bahkan sangat memungkinkan untuk memiliki perusahaan sendiri.

4. Peluang Karier Menjadi seorang Pegawai Negeri S[pil (PNS).

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, lulusan kompetensi keahlian Kimia analisis punya peluang besar untuk bekerja di instansti negeri. Jadi, peluang untuk menjadi seorang PNS juga sangat terbuka lebar untuk kalian! Sudah banyak alumni Sekolah Kimia Analisis yang terbukti dapat menjadi seorang PNS di BPLHD (Badan Pusat Lingkungan Hidup Daerah) di berbagai kota di Indonesia, BNN (Badan Narkotika Nasional) Jakarta, BPOM Jakarta, BATAN (Badan tenaga Atom Nasional), Departemen Kesehatan/Rumah Sakit, Departemen Lingkungan Hidup dan masih banyak yang lainnya. Semoga daftar instansi tersebut sudah cukup untuk meyakinkan kalian, kan?

5. Kesuksesan Lulusan Sekolah Kompetensi Keahlian Kimia Analisis

Ternyata lebih dari 90% lulusan dari Sekolah dengan Kompetensi Keahlian Kimia Analisis berhasil mendapatkan pekerjaan kurang dari tiga bulan setelah lulus. Bahkan, cukup banyak pula yang sudah bekerja sebelum lulus. Peluang karier untuk lulusan kompetensi keahlian ini memang sangat tinggi lho! Hal ini terbukti dengan tingginya permintaan untuk bekerja pada berbagai sektor pembangunan.
Lulusan kompetensi keahlian Kimia Analisis tidak hanya sebatas bekerja di laboratorium saja. Banyak alumni kompetensi keahlian ini yang mencapai sukses dalam berkarier di dunia industri. Bahkan ada alumni yang telah mencapai karier sebagai pimpinan dan pemilik perusahaan.
Bukan suatu hal yang aneh, karena kurikulum yang diajarkan pada Sekolah dengan Kompetensi Kimia Analisis juga menerapkan pengembangan skill wirausaha dalam berbagai mata pelajaran. Hal ini sesuai dengan visi dan misi sekolah yaitu menjadi institusi pendidikan unggulan berbasis kompetensi kimia analisis yang mampu bersaing sesuai dengan perkembangan industri di tingkat nasional dan menumbuhkan jiwa wirausaha.
Nah para pembaca sekalian, semoga kalian menjadi semakin tertarik untuk mempelajari ilmu kimia secara lebih dalam lagi, bukan? Kalian dapat menjadikan kampus sekolah ini sebagai pilihan dan jangan lupa mengisi formulir pada beranda atau langsung link ini.

Lulusan Kimia Analisis Selalu Dibutuhkan, Ayo Cari Tahu Lebih Dalam Lagi

Leave a Reply

Your email address will not be published.