Teman-teman, kalian pernah menyadari nggak sih, kenapa ya kalau belajar kadang-kadang nggak konsen dan suka buyar ? Hm, kalau gitu mungkin kamu butuh tips mengenai cara belajar efektif, nih. Melalui cara belajar yang efektif, materi-materi yang terserap pasti akan lebih maksimal dan tentu saja kamu enggak kehabisan waktu.
Nah, salah satu cara belajar efektif paling ampuh adalah dengan bergabung dengan situs belajar yang menyediakan materi belajar dengan menggunakan bantuan video. Lho, kok bisa? Ya bisa bangetlah! Soalnya di situs-situs tersebut nantinya kalian bakalan diajarin sama tutor-tutor kece lewat video, rangkuman, dan latihan soal. Dengan belajar dibantu dengan tayangan video, kalian akan merasa seperti sedang belajar private dan asyiknya lagi bisa diulang-ulang. Waktunya pun bisa kamu sesuaikan dengan jadwal sendiri.
Tapi, selain dibantu sama tayangan video, ikuti juga nih cara belajar efektif di rumah dan sekolah di bawah ini, yuk. Mudah-mudahan dengan tips di bawah ini, kamu jadi bisa lebih maksimal dalam menyerap pelajaran, ya!

Cara belajar efektif di rumah
Tips kali ini yang akan kita bahas adalah mengenai cara belajar di rumah. Apa saja sih tipsnya? Simak, yuk!

Belajar dengan durasi waktu sebentar tapi rutin

Jangan paksakan diri kamu untuk belajar dalam waktu yang lama, Quipperian. Setelah seharian otak “mengepul” di sekolah, saat di rumah kamu butuh istirahat juga, kok. Biar efektif, usahakan waktu belajar selalu rutin, misalnya pukul 16.00 selama 25-30 menit saja. Setelah itu, lanjut lagi malam hari pukul 19.00 selama 25-30 menit juga.

Meskipun sebentar, namun upayakan agar waktu 25-30 menit itu benar-benar maksimal untuk belajar bareng Quipper Video. Jika waktu sudah selesai, baru deh kamu boleh main gadget atau istirahat. Bila perlu, pakai stopwatch untuk menghitung waktu belajarmu!

Mengerti, bukan menghafal

Nah, enaknya lagi pada situs-situs yang memiliki bantuan video adalah sudah ada rangkuman untuk setiap materi, Tayangan video akan membantu kalian untuk mengerti materi pelajaran, bukan menghafalnya. Dengan begini, kamu bakalan enak banget belajarnya karena hal-hal yang penting dan sering keluar dalam ujian sudah dirangkum sesederhana mungkin. Untuk itulah, kamu bisa membaca rangkuman dari setiap pelajaran sampai benar-benar mengerti. Kalau perlu, coba print rangkuman dari situs belajar tersebut supaya kamu bisa mencoretnya dengan stabilo atau ditempel di pintu kamar.

Sambil mendengarkan alunan musik

Mendengarkan musik juga jadi salah satu cara belajar efektif yang ampuh, lho. Tapi jangan dengarkan musik yang ada liriknya, ya. Cukup alunan musik yang membangkitkan mood seperti musik klasik. Konon, nada-nada dalam musik klasik ini bisa membangkitkan bagian-bagian tertentu supaya otak bisa mencerna lebih baik saat belajar.

Cara belajar efektif di sekolah

Nah, sekarang kita bahas cara belajar yang ampuh kalau di sekolah. Setelah belajar di rumah bareng situs dengan tayangan video, pasti kamu jadi lebih semangat deh belajar di sekolah karena sudah mengerti lebih dulu. Lalu, apa saja caranya?

Diskusi bersama teman-teman

Eits, kalau lagi ngobrol sama teman jangan cuma ngomongin gebetan, ya! Sekali-sekali diskusi bareng teman mengenai pelajaran. Tanyakan mana yang mereka nggak mengerti dan coba bantu jelaskan, begitu juga sebaliknya. Dengan membantu memberi penjelasan dan dijelaskan, niscaya pengetahuan kalian pun akan makin bertambah.

Mencatat sambil mendengarkan guru

Nah, mungkin enggak semua guru punya metode belajar yang sama, ya. Ada juga guru yang menjelaskan materi hanya berbicara di depan kelas. Tapi di sinilah kamu bisa mengambil banyak ilmunya. Sambil mendengarkan guru berbicara, kamu juga bisa mencatatnya di buku catatan. Enggak perlu semua ditulis, cukup bagian penting saja. Asyiknya lagi dengan metode belajar ini, kamu bisa memberi pertanyaan kalau belum jelas dan jangan lupa untuk mencatat jawaban sang guru.

Gunakan waktu istirahat kalian

Istirahat pun penting lho kalau kamu mau menjalani cara belajar efektif. Waktu belajar di sekolah cukup panjang, untuk itu gunakan waktu istirahat kamu sebaik mungkin. Usahakan jangan menggunakan waktu istirahat untuk terus-terusan belajar, ya. Sebab, dengan begitu kamu malah jadi gampang jenuh dan cepat lelah.

Nah, gimana tips mengenai cara belajar efektif kali ini? Baik itu di rumah atau di sekolah, pada intinya jangan terlalu memforsir waktu belajar kamu, Ingat, apapun yang berlebihan hasilnya enggak akan bagus.

Semangat terus teman-teman, okay ?

Belajar Efektif Di Rumah dan di Sekolah, Sangat Mudah Dan Praktis

One thought on “Belajar Efektif Di Rumah dan di Sekolah, Sangat Mudah Dan Praktis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *