Setelah menyelesaikan jenjang pendidikan sekolah menengah pertama, saya mau melanjutkan kemana ?
Pertanyaan seperti ini sering muncul dalam benak mereka yang baru saja menyelesaikan pendidikan di tingkat sekolah menengah pertama. Tak hanya para siswa, orang tua juga banyak mempertimbangkan kemana arah anaknya setelah lulus dari sekolah menengah pertama. Sering kali kita menjumpai siswa/siswi yang baru saja lulus dari sekolah menengah pertama terlihat bimbang menentukan kemana mereka akan melanjutkan pendidikan. Ada berbagai macam opsi yang bisa mereka pilih diantaranya adalah masuk sekolah menengah kejuruan atau biasa disingkat dengan SMK.

Nah, disini kita akan memaparkan mengapa SMK menjadi sebuah pilihan yang tepat untuk mereka yang ingin memiliki kemampuan dan kompetensi yang baik.

APAKAH KARAKTERISTIK SMK ITU ?

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah salah satu bentuk satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan pada jenjang pendidikan menengah atas sebagai lanjutan dari sekolah menengah pertama. Di SMK, banyak sekali terdapat jurusan dan program keahlian yang bisa ditekuni oleh para siswa. Berbagai macam kelas kejuruan yang ada di SMK berbagai macam bidang. mulai dari teknik bangunan, teknik survey, teknik otomotif, teknik komputer hingga bisnis dan administrasi. Tak dapat dipungkiri, Perkembangan zaman memberikan tuntutan kepada kita untuk bisa menciptakan dan menjadi sumber daya manusia yang mampu bersaing dan berkualitas. Daya saing di Indonesia semakin hari semakin menunjukan peningkatan yang ketat sehingga pembinaan SDM yang baik akan menjadi salah satu hal yang penting. Oleh sebab itu, keberadaan SMK tidak lain adalah untuk membentuk dan membina sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu bersaing dalam dunia kerja. Pendidikan yang diterapkan oleh SMK adalah bagian dari sistem pendidikan yang mempersiapkan siswa didik untuk lebih mampu bekerja dalam kelompok kerja atau bidang kerja yang sudah ditentukan.

Karakteristik Pendidikan Kejuruan (Djojonegoro, 1998) adalah sebagai berikut :

  1. Pendidikan kejuruan diarahkan untuk mempersiapkan peserta didik memasuki lapangan kerja
  2. Pendidikan kejuruan didasarkan atas “demand-driven” (kebutuhan dunia kerja)
  3. Fokus pendidikan kejuruan ditekankan pada penguasaan pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai yang dibutuhkan oleh dunia kerja
  4. Penilaian yang sesungguhnya terhadap kesuksesan siswa harus pada “hands-on” atau performa dalam dunia kerja
  5. Hubungan yang erat dengan dunia kerja merupakan kunci sukses pendidikan kejuruan
  6. Pendidikan kejuruan yang baik adalah responsif dan antisipatif terhadap kemajuan teknologi
  7. Pendidikan kejuruan lebih ditekankan pada “learning by doing” dan “hands-on experience”
  8. Pendidikan kejuruan memerlukan fasilitas yang mutakhir untuk praktik
  9. Pendidikan kejuruan memerlukan biaya investasi dan operasional yang lebih besar daripada pendidikan umum

KENAPA MEMILIH SMK ?

Tak bisa dipungkiri, SMK sejak lama sudah berhasil menciptakan sumber daya manusia yang mampu bersaing dan mampu beradaptasi dengan dunia kerja. Kenapa hal ini bisa terjadi ? Karena selama masa pendidikan, SMK membentuk siswa/i untuk bisa mengimplementasikan serta menghasilkan sesuatu dari apa yang mereka pelajari didalam kelas. Banyak sekali SMK yang sudah memiliki standart yang baik dan mampu menciptakan SDM yang dibutuhkan di dunia kerja. Hal ini tidak lain karena SMK memberikan keterampilan dan kemampuan kerja yang tidak didapatkan oleh mereka yang menjalani pendidikan ditingkat SMA. Sehingga, lulusan SMK diharapkan mampu produktif dan bahkan bisa menjadi akses untuk membangun Indonesia.

Pendidikan Kejuruan membekali siswa/i dengan berbagai materi yang terkait dengan berbagai keahlian dan kompetensi. Berbeda dengan SMA yang lebih memfokuskan diri pada ngembangan akademik dan juga pengetahuan umum, lulusan SMK lebih dipersiapkan untuk bekerja maupun membuka lapangan kerja. Namun, lulusan SMK bukan berarti tidak memberikan kesempatan untuk bisa melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi karena banyak juga lulusan SMK yang mampu berprestasi di dunia pendidikan jenjang universitas.

Melalui pemaparan diatas, kita bisa melihat berbagai macam keuntungan dan gambaran mengenai SMK. Disatu sisi, SMK memberikan banyak peluang untuk para siswa/i agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi dengan memberikan mereka kompetensi dan kemampuan untuk bisa bekerja dan membuka lapangan pekerjaan. Namun, bukan berarti cukup sampai disana. Lulusan SMK harus mampu mengembangkan diri mereka di dunia pendidikan yang lebih tinggi lagi dan mampu mengembangkan potensi keilmuan mereka. SMK memberikan metode pembelajaran mandiri yang bisa menjadi jalur kesuksesan penerus bangsa. Maka dari itu, SMK menjadi sebuah pilihan yang baik untuk melanjutkan pendidikan setelah menyelesaikan pendidikan pada sekolah menengah pertama.

Setelah Menyelesaikan Pendidikan Pada Jenjang Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama, Apa Yang Akan Anda Lakukan ? Pilihlah Sekolah Menengah Kejuruan Sebagai Kelanjutan Jenjang Pendidikan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.